Jamblang’ers

Jamblang….??

Apa sih yang tersirat dari kata itu…. pasti cuma satu buah jamblang… yup… buah yang masih satu suku dengan jambu…

Jamblang memiliki pohon yang kokoh dan tidak menggugurkan daun, kadang-kadang berbatang bengkok, tinggi hingga 20 m dan gemang mencapai 90 cm. Bercabang rendah dan bertajuk bulat atau tidak beraturan.

Buah jamblang biasa dimakan segar. Di India dan Filipina, seperti juga kebiasaan di beberapa daerah di Indonesia, buah jamblang yang masak dicampur dengan sedikit garam dan kadang-kadang ditambahi gula, lalu dikocok di dalam wadah tertutup (biasanya dua mangkuk ditangkupkan) sehingga lunak dan berkurang sepatnya. Buah yang kaya vitamin A dan C ini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur. Di Filipina, anggur jamblang diusahakan secara komersial.

Kayunya dapat digunakan untuk bahan bangunan, meskipun tidak istimewa dan agak mudah pecah. Kayu ini cukup kuat, tahan air dan serangan serangga; sekalipun agak sukar dikerjakan. Yang terlebih sering ialah digunakan sebagai kayu bakar. Kulit kayunya menghasilkan zat penyamak (tanin) dan dimanfaatkan untuk mewarnai (ubar) jala. Kepingan kecil pepagan ini juga kadang-kadang dibubuhkan untuk menghambat keasaman tuak. Daunnya kerap digunakan sebagai pakan ternak.

Beberapa bagian tumbuhan juga dipergunakan sebagai bahan obat, tradisional maupun modern. Kulit batang, daun, buah dan bijinya acapkali digunakan sebagai obat kencing manis, murus (diare), dan beberapa penyakit lain. Bahkan simplisia dari kulit batang (dikenal sebagai Syzygii cortex) dan biji jamblang (disebut Syzygii semen) dahulu dianjurkan sebagai sediaan apotek yang tidak wajib. Di samping tanin, bahan aktif yang dikandungnya antara lain adalah glukosida yambolin (jamboline).

Pohon jamblang juga sering ditanam sebagai pohon peneduh di pekarangan dan perkebunan (misalnya untuk meneduhi tanaman kopi), atau sebagai penahan angin (wind break). Bunga-bunganya baik sebagai pakan lebah madu.

Itu sedikit definisi dari buah Jamblang… yang ternyata banyak memiliki kegunaan walaupun mungkin hanya orang sedikit yang mengetahuinya…

De Jamblang’ers itulah kami… kata ini terucap begitu saja dari rekan kami DhayΒ yang entah darimana langsung saja terucap kata2 itu… mungkin lagi itu pas lagi heboh2 nya… kebetulan saya, anjas, adhe, ricko, trisan, kadir dan DhayΒ satu kamar waktu pelaksanaan MLT 2011 kemaren… di kamar 203 lah ikrar Jamblang’ers terucap…. susah senang kita rasakan bersama… tapi kayaknya lebih banyak ketawanya…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Untuk Jamblang’ers, semoga kita bisa seperti kegunaan dan sifat dari buah dan pohon itu sendiri… yang tidak hanya di lihat dari siapa kami tapi apa yang sudah kami lakukan… dan semoga kenangan ini tidak pernah kita lupakan dan bisa sebagai bahan cemilan buat cucu-cucu kita nanti….πŸ˜€πŸ˜€

Untuk yang belum tau siapa kami… inilah kami De Jamblang’ers

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


10 responses to this post.

  1. kancutkan….!!!!!!!

    Balas

  2. Posted by arf on Mei 21, 2011 at 6:10 am

    mantavv…..

    Balas

  3. Posted by aseeekkk on Mei 21, 2011 at 10:31 am

    kancuutt kaannn….

    Balas

  4. Gw pikir yang namanya Jamblangers itu berasal dari sebuah makanan khas Cirebon, yaitu sega jamblang atau nasi jamblang….
    Ternyata jauh dari apa yang ku fikirkan….. hohohoo..

    Lanjutkan bro,,, persaudaraan yang terjalin dan berawal dari persahabatan jangan pernah terputuskan oleh apapun….
    xixixix…πŸ˜€

    Balas

  5. owh ini toh maknanya dan makhluk2nya tp koq yg wanitah2nya tak terlihat yak?πŸ˜€

    Salam Cisalam TeamπŸ˜›

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: